Rabu, 20 Juni 2012

Mengenal Qatar Lebih Dekat


Mengenal Qatar Lebih Dekat

Negara kecil ini terkenal dengan kekuatan ekonomi yang luar biasa di bagian teluk Persia, negara yang kekuatan ekonominya bersandar kepada minyak. Negara ini merasakan kemajuan yang luar biasa ketika masa masa harga minyak melambung tinggi. Maka negaranya dengan cepat membangun bangunan pencakar langit yang menjulang tinggi di atas permukaan bumi.

Cuma sedikit dari kita yang mengenal dan mengerti sistem yang dimainkan di negara Qatar, Penulis hanya sedikit sharing dan fokus membahas perpolitikan yang terjadi di negara yang mempunyai rakyat kecil ini.
Perkembangan politik nasional dengan ciri-ciri: bebas dan pragmatis. Pola pergantian kepala negara seperti yang terjadi di Qatar merupakan hal yang aneh dengan kebiasaan yang berlaku di negara-negara GCC (  yang mempunyai sistim pemerintahan monarki ).

Dalam perkembangannya, sejak Sheikh Hamad bin Khalifa Al-Thani sebagai Amir Negara Qatar tahun 1995 menggantikan Ayahnya, Sheikh Khalifa bin Hamad Al-Thani yang diturunkan melalui kudeta tidak berdarah tersebut, Qatar telah banyak mengalami perubahan dan kemajuan dibidang politik, ekonomi dan sosial.

Dalam bidang politik yang menonjol antara lain adalah keputusan Qatar membuat undang undang tetap Qatar yang telah resmi diberlakukan mulai tanggal 8 Juni 2005, 2 kali menyelenggarakan pemilu Dewan Kotapraja, pemilihan Dewan Kamar Dagang dan Industri, serta akan dibentuknya parlemen yang sebagian besar keanggotaannya dipilih secara langsung. Langkah tersebut sebagai implementasi dari upaya Qatar selama ini untuk memperkuat dan mewujudkan kehidupan demokrasi dengan mengikutsertakan rakyat dalam pengambilan berbagai keputusan.




Dalam kaitan tersebut, Qatar juga merupakan salah satu pelopor diantara negara-negara Teluk lainnya yang memberikan hak politik lebih luas bagi kaum wanitanya untuk dapat dipilih dan memilih dalam pemilu-pemilu tersebut
Ada juga di dalam kerajaan divisi Dewan Keluarga antara lain menangani semua masalah yang berhubungan dengan urusan keluarga yang sedang berkuasa dan membahas hal-hal yang berkaitan dengan Keluarga yang disampaikan oleh Ketua. Dalam kaitan tersebut, Amir Qatar telah mengeluarkan Dekrit No.34 tahun 2000 tentang pengangkatan Sekretaris Jenderal dan Anggota Dewan Keluarga untuk masa 5 tahun dan dapat diperpanjang sesuai Keputusan Amir. Pada tanggal 13 Desember 2000, Amir Qatar dengan Dekrit No.58 tahun 2000 telah membentuk Dewan Tertinggi Investasi Kas Cadangan Negara yang susunan organisasinya adalah sebagai berikut:

Ketua: Amir Qatar
Wakil Ketua : Putra Mahkota
Anggota: - Perdana Menteri
Menteri Luar Negeri

Inilah Pemimpin yang pernah menjabat di negara minyak itu :
Sheikh Muhammad bin Thani (1868 — 1878)
Sheikh Jasim bin Muhammad Al-Thani (1876 — 1913)
Sheikh 'Abdu'llah bin Qasim Al-Thani ((1913 — 1949)
Sheikh 'Ali bin 'Abdu'llah Al-Thani (1949 — 1960)
Sheikh Ahmad ibn 'Ali Al Thani (1960 — 1972)
Sheikh Khalifa bin Hamad Al Thani (1972 — 1995)
Sheikh Hamad ibn Khalifa Al Thani (1995 — sekarang )

Itulah sedikit masalah perpolitikan yang ada di internal negara Qatar, negara yang belum punya taring dalam perpolitikan luar negeri sebab intervensi kuat Amerika yang menyebabkan gerak politik Qatar terlalu sempit.

Tidak ada komentar: