Senin, 18 Juni 2012

Muhamad Mursi Harapan Bangsa


Muhamad Mursi Harapan Bangsa


Perjuangan rakyat Mesir sangat besar untuk memajukan negara dan kawasan Timur Tengah. Mengorbankan darah bukanlah hal yang mudah. Tapi, semua terasa indah jika diakhiri dengan kemajuan. Revolusi telah banyak memakan korban. Ekonomi yang tidak stabil disebabkan revolusi. Banyak kepentingan dari revolusi yang terjadi di Mesir. Terkhusus Amerika dan Israel.






Pemilihan presiden pun sudah berakhir dan  Muhamad Mursi sebagai presiden Mesir pasca revolusi. Ini suatu sejarah baru yang terjadi di Mesir. Harapan yang besar ada di leher  Muhamad Mursi, dari pembuhunan para pejuang revolusi, ekonomi yang hancur, utang yang besar dan hubungan dengan Israel yang kiat panas.

Muhamad Mursi tokoh yang lahir dari rahim Ikhwanul Muslimin ini bertekad untuk memajukan Mesir untuk menjadi lebih baik. Memperjuangkan hak hak orang Mesir dan yang sangat gembira adalah rakyat Palestina, mereka begitu antusias mengamati pemilihan presiden Mesir dan berharap Muhamad Mursi akan menduduki jabatan orang nomor satu di Mesir. Dan itu tercapai.

Sebab di mata orang Palestina Mursi ada sosok yang sangat agamis berbanding lawan politiknya : Ahmad Syafiq. Rakyat Palestina berasumsi bahwa Mursi akan memberikan stabilitas politik Timur Tengah yang dinamis dan harmonis. Mempunyai hubungan yang kuat terhadap Palestina dan akan terus menekan Israel, itulah harapan yang ada di benak rakyat Palestina.

Memimpin Mesir bukanlah hal yang mudah, di lain sisi banyaknya kepentingan di kawasan Timur Tengah terhadap Mesir. Sebab Mesir punya peradaban Islam yang tinggi, Mesir punya Terusan Zues dan yang pasti Mesir punya hubungan yang kuat dengan Palestina. Maka itu akan membuat semua pihak takut akan itu. Yang ditakutkan Israel adalah adanya negosisasi ulang tentang gas yang biasa diexport ke Negara penjajah itu. 
Ikhwanul Muslimin punya kekuatan yang begitu besar dan kesolidan yang luar biasa dan jarang dimiliki oleh organsisasi mana pun di dunia. Loyal dan setia terhadap pemimpin begitu besar. Itulah salah satu sebab kenapa Mursi menang dipemilihan presiden sekarang.

Dan isi pidato yang disampaikan beliau ketika terpilih menjadi Presiden Mesir pasca revolusi adalah :Qul bifadhlillaahi wa birahmatihii wa bidzaalika falyafrahuu, huwa khayrun mimmaa yajma’uun.  Alhamdulillah atas taufik-Nya. Alhamdulillah yang menunjukkan bangsa Mesir jalan kebebasan dan demokrasi. Alhamdulillah yang menyatukan rakyat Mesir untuk masa depan yang lebih baik. Terima kasih kepada saudara, keluarga, dan rakyat Mesir semua yang bersatu menjemput masa depan lebih baik. Masa depan kebebasan, perdamaian.






Terima kasih kepada semua yang memilih dan tidak memilih saya, semuanya adalah keluarga dan saudara saya. Saya berterimakasih kepada seluruh pihak yang mendukung suksesnya pilpres ini. Terima kasih kepada anak-anak muda, yang mencintai Mesir dan terus menjadi penopang dan harapan negeri ini. Mereka lah tonggak revolusi ini.

Kepada keluarga syuhada, kepada para ibu-ibu syuhada, kepada para ayah syuhada, saudara mereka, suami dan istri mereka, dan kepada para korban revolusi, hak anda semua ada di leher saya.
Kepada ibu-ibu, para remaja putri, semua orang mesir di dalam dan luar negeri, saya ucapkan terima kasih. Saya menjadi saudara, ayah, warga mesir, yang akan berusaha membawa keinginan mereka. Semua orang Mesir saudaraku, keluargaku, kekasihku. Semuanya sama selama mentaati hukum dan undang-undang.

Saya mengucapkan kepada anda semua rakyat  Mesir di semua tempat, yang ingin kemajuan, yang ingin masa depan lebih baik, kita tidak akan balas dendam. Tapi kita adalah sama di hadapan hukum. Kita akan memulai langkah ini, hingga tidak ada yang kuat meremehkan yang lemah. Hingga terwujud persaudaraan, negara demokrasi, sipil dan modern. Dengan karunia Allah, mari kita saling mencintai untuk Mesir yang lebih baik. Terima kasih, dan salam.

Dari Hasil pemilihan Presiden adalah Dr. Mursi meraih dukungan 13.237.000 suara (Tiga Belas Juta Dua Ratus Tiga Puluh Tujuh Ribu suara) setara dengan 52%.
Sedangkan rivalnya, Ahmad Syafiq meraih 12.338.978 suara (Dua Belas Juta Tiga Ratus Tiga Puluh Delapan Ribu Sembilan Ratus Tujuh Puluh Tiga suara) setara dengan 48%.
Total suara yang sah mencapai 25.575.973 suara (Dua Puluh Lima Juta Lima Ratus Tujuh Puluh Lima Ribu Sembilan Ratus Tujuh Puluh Tiga suara)
.
Dari jumlah ini kita bisa lihat banyak yang tidak memberikan suara di pemilihan Presiden Mesir, itulah bentuk kurangnya pemahaman Mesir atas dasar sebuah demokrasi. Dari 75-80 juta rakyat Mesir yang memilih lebih kurang  50% saja.

Tapi kita berharap moga Mesir bisa lebih baik lagi dalam memberikan peran terhadap kemajuan politik Timur Tengah dan Kemajuan Islam khususnya.
Jangan sampai Mursi seperti Obama Timur Tengah, yang banyak di puja puja waktu awal menjabat Presiden dan ketika berkerja jauh dari harapan.



Tidak ada komentar: